PERTAMBANGAN


HOME > PERTAMBANGAN

Grup Pertambangan tidak hanya melayani kebutuhan alat berat, tetapi juga melakukan pengembangan untuk penemuan bahan galian baru yang potensial untuk dikelola. Hal itu tak terlepas dari kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia yang melimpah.

Grup ini terbagi dalam lima anak usaha yang masing-masing menghasilkan jenis tambang berbeda, yakni:

Bosowa Mining : Perusahaan yang melakukan penambangan dan pembuatan tile marmer dengan kapasitas produksi minimal sebesar 450 m3/bulan untuk produksi blok dan 3.500 m2/bulan untuk tile. Adapun produk blok dan tile yang dihasilkan mempunyai ukuran dan warna yang bervariasi. Setiap produk memiliki kualitas tinggi karena berasal dari daerah yang lithologinya secara alami terbentuk dari batu gamping yang telah mengalami proses perubahan alami menjadi batu marmer. Saat ini, pemasaran produk-produk tersebut telah menyebar hingga ke luar daerah Sulawesi dan diekspor ke Cina dan Korea.

Bosowa Metal Industri : Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan dan pemurnian bahan mentah menjadi bahan siap pakai yakni nikel. Saat ini, pembangunan pabrik yang berlokasi di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan sedang dalam proses persiapan.

Bosowa Pasir Bara : Perusahaan yang menangani ready mix (beton). Dengan portofolio bisnis yang dimiliki selama ini, perusahaan ini telah mendapatkan sejumlah proyek pengecoran besar, seperti Proyek Jalan Bebas Hambatan (Jalan Toll) Seksi VI Jl. Ir. Sutami Makassar pada tahun 2008 dan Proyek Bandar Udara International Hasanuddin Makassar tahun 2009.

Bosowa Tambang Indonesia : Perusahaan yang bergerak dalam pertambangan Silika, Bauksit dan Chipping. Saat ini, Bosowa Tambang Indonesia (BTI) masih dalam tahap persiapan pembangunan di Mallawa Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Tambang Silika), Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Tambang Bauksit) dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Tambang Batu Pecah).

Bosowa Resources : Perusahaan yang memproduksi Trass dan Silika. Kebutuhan akan galian Trass terus meningkat, untuk itu Bosowa Resources terus mengembangkan unit bisnis ini secara terpadu. Saat ini, produk Trass kami digunakan sebagai bahan baku pembuatan semen di PT. Semen Bosowa dan PT. Semen Tonasa. Perusahaan ini juga memproduksi Stone Crusher dengan kapasitas 1.000-1.200 ton / jam atau 3.000.000 ton / tahun. Ada dua jenis material yang diproses/diproduksi yakni Andhesit dan Trachyte. Untuk mesin crusher sendiri saat ini sudah ada tujuh unit yang tersebar di tiga lokasi, yakni Crusher I (Beroperasi di Palu), Crusher II,III,IV,V,VI,(Beroperasi di Kabupaten Maros), dan Crusher VII (Beroperasi di Kabupaten Jeneponto).

Sewa Alat Prima : Perusahaan yang menyewakan alat-alat berat untuk proyek-proyek pemerintahan maupun swasta, baik berskala kecil maupun berskala besar di Sulawesi Selatan. Sewa Alat Prima terus menambah pelayanan dan unit peralatan sesuai dengan tipikal target pasar untuk memperluas market share sampai keluar Sulawesi.