POLITEKNIK BOSOWA


HOME > POLITEKNIK BOSOWA

Pemerintah telah menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 123/E/O/2013 pada tanggal 17 April 2013 tentang Izin Pendirian Politeknik Bosowa di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Kehadiran Politeknik Bosowa tentunya semakin melengkapi Yayasan Bosowa atau Bosowa Foundation, setelah sebelumnya telah berdiri Sekolah Bosowa Bina Insani dan Institut Pengembangan Manajemen Bosowa (Bosowa Management Development Institute/BMDI).

Politeknik Bosowa merupakan sumbangsih Bosowa kepada masyarakat Sulawesi Selatan dan Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan daya saing dan mendukung perkembangan industri.

Politeknik Bosowa berbekal misi untuk menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi bidang vokasi yang berkualitas, mengembangkan penciptaan karya nyata bidang ilmu pengetahuan teknologi terapan dan seni yang inovatif serta bermanfaat/ membawa berkah bagi masyarakat melalui sistem tata kelola yang transparan dan akuntabel, serta membina dan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang professional, berjiwa entrepreneur, berakhlak mulia secara sistematis dan berkesinambungan.

Berdasarkan SK DIKTI Nomor 123/E/O/2013, Politeknik Bosowa menyelenggarakan lima program studi, yakni D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin, D3 Teknik Mekatronika, D3 Teknik Listrik, D3 Perpajakan, D3 Perhotelan.

Untuk tahap awal, Politeknik Bosowa membuka jadwal pendaftaran untuk tahun ajaran 2013/2014 pada tanggal 1 Mei hingga 7 Juni 2013. Sedangkan ujian diadakan pada tanggal 8 Juli 2013 untuk Tahap I dan tanggal 14 dan 15 Juni 2013  untuk tahap II. Adapun pengumuman Tahap I dilakukan pada tanggal 12 Juni 2013 dan 20 Juni 2013 untuk Tahap II.

Adapun syarat-syarat pendaftaran bagi para mahasiswa baru antara lain adalah lulusan SMA/MA/SMK, Warga Negara Indonesia (WNI), dan usia maksimal 22 tahun. Selain itu, para calon mahasiswa dipungut biaya Rp 150.000 untuk program pendaftaran IPA/IPS dan Rp 200.000 untuk program pendaftaran IPC.

Pada awal berdirinya, Politeknik Bosowa menawarkan sejumlah keunggulan, yakni kuliah praktek 1 alat 1 mahasiswa, kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri, presentase belajar 70% praktek dan 30% teori, kesempatan untuk langsung bekerja di unit bisnis Bosowa, kuliah tiga tahun termasuk praktek langsung di industri terkait di dalam dan luar unit bisnis Bosowa selama sekitar satu tahun, beasiswa penuh bagi mahasiswa berprestasi , dan memberikan sertifikasi khusus industri bagi para lulusan.

Selain berbagai keunggulan, Politeknik Bosowa juga didukung oleh para pendidik yang professional dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Proses belajar mengajar didampingi oleh para pendidik yang memiliki latar belakang pendidikan tingkat S1 dan S2.

Kampus I Politeknik Bosowa yang berlokasi di Gedung BMDI di Jalan Lanto Dg Pasewang Makassar dan Kampus II di Jalan Kapasa Raya Makassar dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana mulai dari gedung lima lantai, full AC, auditorium, kantin, perpustakaan, laboratorium, mushala, lounge, gedung unit kegiatan mahasiswa, dan gedung workshop.

Politeknik Bosowa didukung langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta bersinergi dengan Politeknik terkemuka lainnya, seperti Politeknik Negeri Malang (Polinema), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri Bali, Politeknik Manufaktur Bandung (Polman Bandung), Universitas Hasanuddin (UNHAS), serta Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta lainnya.